fbpx

Kopling Mobil Sudah Tidak Bekerja Maksimal? Bisa Jadi Kanvas Kopling Anda Habis

by | Oct 27, 2022 | Fitur

Halo Honda Lovers

Kopling Mobil merupakan komponen penghubung antara poros engkol dengan roda transmisi gigi, kopling sendiri juga berguna sebagai penggerak roda belakang mobil. Kopling akan memberikan arahan pada roda mobil mengenai perubahan kecepatan saat pengemudi mengganti gigi. Kinerja kanvas kopling dapat menurun seiring lamanya penggunaan kendaraan beroda empat. Kerja kanvas kopling berhubungan dengan gesekan dan tekanan yang dapat menyebabkan keausan dan berimbas pada performa mobil.

Berikut ini gejala kanvas kopling mobil sudah habis :

  1. Pedal Kopling Tampak Lebih Tinggi

Ciri kanvas kopling mobil habis bisa dilihat dari pedal kopling, ketika kanvas kopling aus atau habis pedal kopling akan tampak lebih tinggi sehingga mampu mengakibatkan jarak injak pedal kopling menjadi lebih pendek.

Pedal kopling transmisi manual dapat diatur ketinggiannnya tetapi jika posisi pedal tiba-tiba naik bisa jadi kanvas mobil sudah menipis / habis.

  1. Timbul Bau Hangus

Ciri kanvas kopling mobil yang habis bisa dideteksi dengan indra penciuman, kanvas kopling yang habis karena terbakar akan mengeluarkan bau hangus. Bau hangus mulanya akan tercium dari kabin ketika kanvas sudah menipis maka bau gosong akan semakin tercium kuat hingga kabin, kopling yang aus mampu membuat penumpang tidak nyaman saat berkendara karena bau hangusnya.

  1. Mesin Cepat Panas

Suhu mesin kendaraan yang meningkat drastic bisa menjadi tanda bahwa kanvas kopling mobil habis, mesin mobil saat digunakan dan menjadi cepat panas adalah hal yang lumrah. Namun harus diwaspadai jika mesin menjadi cepat panas, saat kanvas kopling habis rotasi mesin akan meningkat dan kondisi kanvas menjadi licin. Licinnya permukaan ini yang kemudian membuat rotasi mesin menjadi semakin cepat.

  1. Perpindahan Porsneling Terasa Berat

Dalam kondisi normal perpindahan porsneling harusnya bisa dilakukan dengan mudah, tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya maka bisa menjadi tanda bahwa kanvas kopling habis.

  1. Akselerasi Mesin Menurun

Saat Kanvas Kopling habis tenaga yang dihasilkan dari rotasi mesin tidak bisa tersalurkan dengan baik pada transmisi, saat menginjak pedal gas mobil kecepatannya bisa bertambah justru mesin akan berdecit atau meraung. Bila kanvas kopling sudah benar benar habis  maka mobil bisa masuk dalam kondisi macet atau diam dan mesin dalam keadaan tetap hidup dan tentunya kondisi ini membahayakan.

Apabila mobil anda sudah menunjukkan tanda-tanda di atas maka komponen kanvas kopling mobil harus segara diganti, jika tidak segera diganti maka bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dan mengakibatkan kinerja mobil semakin menurun serta menganggu kenyamanan berkendara.

Baca Juga : Ini Dia Tanda Tanda Waktunya Ganti Kaca Film Mobil

Contact Us