fbpx

Ini Dia Tanda Tanda Waktunya Ganti Kaca Film

by | Oct 25, 2022 | Fitur

Halo, Honda Lovers

Kaca film pada mobil seakan sudah menjadi barang wajib yang harus ada sebagai pelengkap dalam mobil, mobil yang tidak dipasangi kaca film sama sekali pasti akan terasa sangat panas. Fungsi kaca mobil selain untuk menghindari silau sinar matahari juga bisa membuat kabin terasa lebih dingin.

Namun perlu diketahui bahwa kabin mobil ternyata memiliki batas usia, sehingga ada waktunya sendiri untuk diganti. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti kaca film?

  1. Terlihat Kusam

Ciri pertama yang bisa dikenali adalah kaca film terlihat kusam, anda bisa perhatikan pada kaca film apakah warnanya masih senada atau tidak. Adakah bagian yang terkelupas dan muncul gelembung udara. Apabila pada kaca film mobil anda terdapat ciri ciri tersebut maka sudah saatnya untuk diganti yang baru.

  1. Ganggu Visibilitas

Umumnya umur kaca film empat sampai lima tahun, jika sudah lebih dari itu namun tidak diganti maka bisa menganggu visibilitas saat mengemudi khusunya pada kaca bagian depan dan belakang. Bisa dirasa visibilitas terganggu seperti lampu yang berpencar di malam hari maka dari itu sebaiknya segera diganti ke yang baru, selain kurang nyaman dalam pandangan mata gejala ini juga berbahaya karena bisa mencelakakan Anda dan kendaraan sekitar.

  1. Warna Kebiruan Atau Ungu

Ciri lain yang juga bisa diperiksa dengan kasat mata adalah warna yang berubah, umunya warna ungu / biru menjadi indikasi bahwa kaca film segera diganti. Warna ini bisa muncul pada beberapa titik atau secara keseluruhan satu panel. Perubahan warna ini bisa membuat kabin terasa sangat panas karena sudah tidak bisa menolak panas dengan baik.

Supaya kaca film dalam mobil anda selalu awet maka bisa dilakukan perawatan seperti dengan cara jangan terlalu sering parker di bawah sinar matahari langsung karena efek kerusakan terkena sinar matahari langsung adalah berkurangnya daya rekatnya sehingga membuat kaca film bisa mengelupas. Selain itu perawatan atau pembersihan yang tidak benar juga bisa merusak daya tolak sinar UV, untuk membersihkan  kaca film sebenarnya tidak sulit namun membutuhkan bahan khusus. Apabila ada kotoran cukup gunakan air saja  lalu lap menggunakan kain microfiber.

Baca Juga : Jangan Abaikan Oli Mobil Yang Boocor, Agar Tidak Terjadi Hal Ini

Contact Us