fbpx

Jangan Abaikan Oli Mesin Yang Bocor Agar Tidak Terjadi Hal Ini

by | Oct 20, 2022 | Fitur Honda

Halo, Honda Lovers

Oli mesin merupakan salah satu komponen penting yang ada di mobil untuk menunjang kinerja mesin, berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi komponen komponen di dalamnya. Kualitas serta jumlah oli mobil harus selalu dijaga dan disesuaikan dengan kebutuhan mesin maka dari itu pemilik mobil harus lebih waspada jika mesin mulai terlihat basah berlumur oli karena itu bisa jadi tanda adanya kebocoran oli dan volume mesin berkurang. Kira – kira apa saja bahayanya jika oli mesin terjadi kebocoran?

Baca Juga : Bagaimana Tanda – Tanda Aki Mobil Harus Diganti ?

  1. Suara Mesin Menjadi Kasar

Hal ini terjadi karena tidak ada pelumas dan berpotensi terkunci, jika terjadi di jalan dan terdengar suara mesin yang kasar, suhu mesin menjadi panas biasanya indicator mesin akan menyala. Maka sebaiknya anda harus berhenti untuk mengecek kondisi oli mobil, karena jika terus dipaksa digunakan maka mesin bisa terkunci. Kondisi ini bisa muncul karena penyebab mesin cepat panas dan membuat piston memuai sehingga terkunci dalam silinder ditambah lagi tidak adanya pelumas sehingga gerakan piston menjadi lebih berat.

  1. Komponen Mesin Aus Dan Perlu Turun Mesin Untuk Memperbaikinya

Oli akan menyekat beberapa komponen yang bergesekan sehingga dua komponen tersebut tidak secara langsung berinteraksi. Namun jika olinya tidak ada karena bocor maka tidak ada lg sekat sehingga komponen mesin bisa bergesekan secara langsung. Hasilnya maka komponen tersebut akan mengalami keausan dalam waktu yang singkat dan muncul gejala mesin overheat , tenaga mesin ngempos. Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu dilakukan adalah mengganti komponen yang dirasa aus tersebut dengan membawa movil ke bengkel resmi terdekat.

  1. Oli Mesin Yang Bocor Di Jalan Bisa Membahayakan

Oli yang bocor di jalan tentu berpotensi  membahayakan pengguna jalan lain karena menyebabkan jalan menjadi licin contohnya kendaraan yang memuat beban berat seperti truk / bus. Jika ada bus / truk yang melintas di jalan yang terkena ceceran oli maka bisa menyebabkan rodanya menjadi terselip saat melakukan pengereman, selain itu juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya.

 

Jika terlihat adanya tanda tanda kebocoran oli di mesin maka sebaiknya perlu untuk dilakukan pemeriksaan, untuk mencegah terjadinya kebocoran oli mesin maka jangan lupa untuk rutin membawa mobil kesayangan anda service di bengkel resmi.

Mau service tanpa antri di Honda Bintang Solo ? Bisa booking service lewat sini aja lho.

This will close in 11 seconds

Contact Us