fbpx

Jangan Biarkan Oli Mobil Sering Habis, Ini Penyebabnya!

by | Aug 21, 2020 | Tips Perawatan Honda

Tips Perawatan Honda

akibat oli mesin sering habis

 

Saat kita melakukan pengecekan bagian deep stick oli, kita akan mengetahui volume oli didalam mesin yang ditandai dari level deep stick. Oli mesin memiliki fungsi yang cukup vital

Hallo, Honda Lovers!

Saat kita melakukan pengecekan bagian deep stick oli, kita akan mengetahui volume oli didalam mesin yang ditandai dari level deep stick. Oli mesin memiliki fungsi yang cukup vital, diantaranya yakni ;

  • Sebagai pelapis komponen yang bergesekan
  • Sebagai pembilas kerak dan karbon didalam mesin
  • Untuk meratakan panas mesin
  • Bisa untuk menyerap panas mesin

Sehingga jika anda menemui kondisi dimana volume oli mesin berkurang, jelas itu bisa membahayakan kesehatan mesin. Harga Honda Jazz Solo Jika terus digunakan maka bisa saja muncul beberapa kerusakan yang ringan hingga berat. Apa saja akibat oli habis atau berkurang?

Baca Juga : Penyebab suara kasar mobil saat mobil panas

  1. Komponen Mesin Cepat Aus
    komponen mesin seperti ring piston, silinder dan poros engkol terbuat dari logam. Sehingga jika tidak dilumasi maka bisa saja terjadi goresan antar komponen. Hasilnya, tentu kinerja mesin akan terganggu karena kedua komponen ini bisa menyebabkan kompresi mesin menurun sehingga powernya akan berkurang drastis.
  2. Bunyi Yang kasar
    Selain dibagian ring piston, dibagian atas mesin pada head cylinder keadaanya bisa lebih parah lagi karena volume oli yang kurang bisa menyebabkan oli tidak naik ke atas mesin. Padahal dibagian kepala silinder ini terdapat mekanisme katup dan camshaft yang juga memerlukan pelumasan. Harga Honda Brio solo Sehingga jika pelumasan tidak didukung dengan baik hasilnya tentu anda bisa mengira-ngira bagaimana suara logam yang saling bergesekan. Selain dari katup timming chain juga menyumbang bunyi mesin yang kasar. Hal ini dikarenakan rantai timming yang berbahan logam juga perlu pelumasan agar suaranya lebih tenang.
  3. Mesin bisa Overheat
    Penyebab peningkatan suhu ini bukan hanya berasal dari pembakaran mesin. Gesekan antara komponen juga menghasilkan panas, itulah mengapa fluida ini digunakan untuk melapisinya. Jika tidak maka potensi engine overheat lebih besar
  4. Engkol Mesin Terkunci
    Pada akibat sebelumnya ketika volume oil berkurang maka akan menyebabkan keausan yang disebabkan goresan dan overheat. Mesin yang terlalu panas salah satunya berasal dari gesekan antara komponen mesin yang kurang mendapatkan pelumasan. Karena komponen ini berbahan logam, maka sudah bisa terlihat hasilnya akan ada pemuaian pada komponen yang berhubungan. Jika itu terjadi maka mesin bisa macet atau bahasa lainnya engine lock. Kondisi engine lock bisa dosebabkan karena poros engkol mengalami pemuaian sehingga putaran mesin akan terhambat. Harga Honda HR-V Solo Kondisi ini akan menyebabkan mesin mobil atau motor macet tanpa bisa distart atau di engkol.

Lalu apa tandanya kalau oli mesin habis ?
Yang paling mencolok, ada pada lampu indikator oli yang menyala. Untuk mobil sekarang, sudah semuanya dilengkapi dengan indikator berbentuk corong oli dengan tetesan yang kalau menyala maka menandakan ada masalah pada sistem pelumas mesin. Salah satunya karena volume oli sudah sangat minim.
Kalau anda menemui kondisi ini, segera matikan mesin dan cek lebih lanjut diruang mesin.

Baca Juga : Ciri Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Manfaatkan Spesial Promo Hanya Di Dealer Honda Solo Baru

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Solo Baru.
Jl. Ir. Soekarno No. 168 Sukoharjo

Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondasolobaru.co.id
Official IG : @hondasolocity

This will close in 11 seconds

Contact Us