Mengapa memilih Nitrogen saat isi tekanan ban?

Promo New Honda Brio Solo
  • Harga mulai Rp 150 Jutaan
  • Cashback mulai Rp 10 Jutaan
  • Paket Kredit DP mulai Rp 12 Jutaan
  • Paket Kredit Cicilan mulai Rp 3 Jutaan
  • Paket Kredit Bunga 0%
  • Free Kaca Film, Biaya Jasa Servis hingga 4 tahun atau 50.000 KM

Mengisi tekanan ban angin menggunakan nitrogen memang belum banyak dilakukan, Namun seiring berjalannya waktu, sudah mulai banyak yang mengisi tekanan ban dengan menggunakan nitrogen. Seiring berjalannya waktu nitrogen cukup digemari oleh sebagian pengendara, walaupun harga pengisiannya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan oksigen atau angin biasa,.

Mengapa menggunakan Nitrogen ?

ilustrasi

ilustrasi penggunaan Nitrogen dan Angin saat mengisi tekanan Ban 

  1. Ban tidak mudah kempes. Molekul udara gas nitrogen lebih besar dan padat daripada udara biasa.
  2. Kondisi ban lebih dingin. Sifat gas nitrogen lebih dingin daripada udara biasa. Ini membuatnya tidak mudah memuai saat panas dengan adanya tekanan tinggi di dalam ban akan membuat air menguap dan menyebarkan panas ke bagian dalam ban sehingga punya potensi meledak jika dipicu.
  3. Kadar udara biasa terdiri atas 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen. Kadar oksigen yang membuat udara biasa mudah mengikat air yang ada di udara bebas. Beda dengan gas Nitrogen murni yang hanya terdiri atas 95 persen nitrogen dan 5 persen oksigen.Akibat kandungan air yang cukup besar dalam udara biasa, karat jadi mudah timbul. Terutama pada pelek dari bahan logam biasa. Uap air yang melewati pori-pori ban bisa menciptakan karat, terutama jika anyaman kawat ban terluka.
  1. Berkurangnya performa Ban kandungan air yang cukup besar membuat ban dengan angin biasa jadi lebih berat ketimbang ban yang diisi nitrogen saat dibandingkan dengan kadar tekanan yang sama.Apalagi molekul nitrogen yang besar, padat dan mudah mengisi ruang membuatnya berada dalam bentuk maksimal. Ini membuat ban dapat berputar lebih ringan di jalan meski dalam kondisi kerja yang melelahkan.
  1. Panduan keuntungan-keuntungan di atas menciptakan ban yang ringan, tangguh, dan handal di segala kondisi jalan. Ban tidak mudah kempes. Ban juga tidak mudah meledak karena suhu kerja ban yang relatif rendah, stabil, dan konstan. Molekul gas nitrogen yang besar, padat dan mengisi segala sudut ruang, menciptakan postur ban yang mendekati ideal sehingga telapak ban dapat mencengkeram permukaan jalan dengan pas dan kelenturan dinding ban terjaga di level terbaik.
  2. Keenam, irit bensin. Ban yang bekerja optimal membuat mesin tidak perlu susah payah mengail tenaga untuk menggerakkannya. Daya cengkeram ban yang pas berkat tekanan angin yang merata dan sesuai rekomendasi pabrikan membuat ban dapat menggelinding dengan mudah. Selain irit bensin, usia pakai ban juga meningkat karena kondisi fisiknya selalu terjaga dengan baik.

Untuk itu, tetap perhatikan tekanan angin ban mobil Anda. Lalu, lakukan perawatan berkala pada ban Anda. Jika ingin mengganti angin oksigen dengan nitrogen, ada baiknya kuras angin oksigen yang berada di dalam ban mobil sampai habis, setelah itu baru isi kembali dengan angin nitrogen agar tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Manfaatkan Spesial Promo Tahun Baru Dari Dealer Honda Solo Baru

banner 2020

Dealer Honda Solo Baru sebagai Dealer Resmi untuk wilayah Solo dan Sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Solo Baru.
Jl. Ir. Soekarno No. 168 Sukoharjo

Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondasolobaru.co.id
Official IG : @hondasolocity

WhatsApp chat