fbpx

Kerusakan pada Komponen ini Dapat Menyebabkan Mobil Kurang Bertenaga

by | Nov 4, 2022 | Tips dan Triks

Pernahkah anda merasa selama berkendara mobil menjadi tidak bertenaga, hal itu mungkin bisa terjadi karena efek penimbunan kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk pada ruang bakar mesin. Lalu mengapa bisa sampai terjadi penumpukan karbon di ruang bakar?

  1. Kompresi Mobil Bocor

Tekanan kompresi yang melemah bisa menyebabkan mesin kurang bertenaga. Tekanan kompresi membawa pengaruh pada mobil. Karena tekanan udara yang ada dalam ruang bakar ini membuat mesin semakin mudah terbakar, sehingga jika tekanan kompresi bermasalah maka bensin akan sulit terbakar dan menyebabkan mobil kurang bertenaga

  1. Penumpukan karbon di ruang bakar mesin mobil

Penumpukan karbon di ruang mesin terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna penyebabnya adalah penggunaan bahan bakar yang kurang sesuai dan kualitas buruk. Debu dan oli atau uap memiliki peran dalam penimbunan kerak yang datang dari hasil isapan intake, banyaknya unsur paraffin dan sulfuryang masuk ke ruang bakar juga menjadi penyebab terjadinya penumpukan kerak.

  1. Kompresi Mobil Bocor

Tekanan kompresi yang melemah akan berpengaruh pada sebuah mobil, karena tekanan udara dalam ruang bakar akan membuat bensin semakin mudah untuk dibakar sehingga jika terjadi masalah pada tekanan kompresi mobil maka bensin akan sulit terbakar dan menjadi kurang bertenaga.

Adapun Komponen Penyebab Mobil Kurang Bertenaga antara lain : Ring piston mesin mobil, Blok silinder mesin mobil, Kebocoran klep atau katup, packing gasket kepala silinder, seal busi. Cara membersihkan penumpukan karbon di ruang mesin bisa dilakukan dengan membawa ke bengkel resmi terdekat sehingga nantinya akan dites menggunakann alat khusus untuk memastikan kompresi mobil.

Jika saat pengujian terdapat penumpukan karbon yang sangat tebal di ruang mesin maka sebaiknya anda bawa mobil ke bengkel resmi Honda untuk pembersihan ruang bakar sekaligus tune up.

 

 

 

Contact Us