fbpx

Kenali Tanda Aus Tak Normal Pada Mobil

by | Sep 28, 2022 | Tips dan Triks

Halo, Honda Lovers !

Mobil yang sering dipakai setiap hari tentu akan mengalami perubahan kondisi permukaan pada ban yaitu menjadi aus, kondisi keausan ini bisa mengurangi daya cengkeram ke jalan sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Keausan yang muncul jika dibiarkan saja dalam waktu yang lama maka bisa jadi semakin parah dan mobil sulit dikendalikan. Maka anda sebagai pengguna mobil harus megerti apa tanda tanda ban menjadi aus dan penyebabnya :

  1. Ban Aus Padaa Bagian Tepi / Telapak Tengah

Jenis keausan  ini menandakan tekanan udara pada ban tidak normal karena tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Apabila ban mobil sering kekurangan tekanan udara maka kedua sisi luar telapak ban akan mengalami keausan terlebih dahulu.

Jika tekanan udara ban terlalu tinggi  maka yang mengalami keausan adalah bagian tengah telapak ban, sehingga pastikan tekanan udara pada ban selalu sesuai tidak kurang dan tidak lebih dengan cara mengukurnya seminggu sekali.

  1. Ban Aus Sebelah Dalam Atau Luar Saja

Suspensi yang rusak dapat mengakibatkan keausan ban tidak normal akibat peredaman bertumpu pada ban. Factor lain yang menyebabkan ban aus bagian dalam adalah sudut camber yang tidak tepat, pada camber negative keausan ban sebelah dalam akan lebih cepat. Oleh karena itu cek kondisi suspense secara berkala dengan melakukan spooring.

  1. Ban Aus Berserabut

Ban yang mengalami keausan dan disertai serabut  atau bulu pada telapak ban disebabkan oleh kondisi toe-in yang tidak tepat, toe-in terlalu besar tentu menyebabkan roda selip menjadi keluar dan menggesek bidang telapak ban bagian dalam ke permukaan jalan. Keausan yang menumpuk mampu menjadi susunan seperti bulu halus. Pastikan keausan seperti ini tidak terjadi dengan memeriksa kaki kaki mobil dan spooring ban.

  1. Ban Aus Toe and Heel

Keausan ini terjadi pada pada ban, bukan penggerak roda. Keausan terjadi karena pengereman dilakukan berulang-ulang secara cepat pada jarak pendek, terutama permukaan pada jalan yang rusak. Penyebab lain yang muncul adalah bushing suspensi, ball joinyt dan bearing roda yang sudah mengalami kerusakan.

  1. Ban Aus Setempat

Ban aus setempat (spot wear) adalah aus pada telapak ban yang bentuknya seperti lekukan mangkok yang terjadi karena pengereman mendadak atau panic braking pada kendaraan yang tidak ada rem ABS/ rem ABS nya bermasalah.

Untuk mencegah kondisi ban yang tidak wajar maka spooring merupakan langkah yang bisa dilakukan, sudut keselarasan ban mobil dapat diatur titik optimal untuk menjaga pergerakan ban.

Baca Juga : Kapan Waktunya Mobil Lakukan Spooring & Balancing?

 

Contact Us