fbpx

Jangan Biasakan Merokok di Dalam Mobil, Ini Kerugiannya

by | Aug 16, 2022 | Fitur

Halo, Honda Lovers

Merokok di dalam mobil merupakan sebuah kebiasaan yang sebaiknya dihindari, selain menganggu kesehatan juga bisa menganggu kebersihan di dalam kabin. Kebiasaan merokok di dalam mobil tentunya juga akan menganggu pengemudi saat menyetir karena salah satu tangan harus memegang setir sambal menjepit batang rokok.

Adapun kerugian lain yang bisa muncul saat merokok di dalam mobil adalah :

  1. Meninggalkan Bau Tidak Sedap

Munculnya bau yang tidak sedap berasal dari zat nikotin yang ada di dalam rokok itu sendiri, asap rokok yang muncul akan menempel di berbagai sudut kabin mobilk terutama area kokpit seperti dasbor, setir dan panel pintu depan. Dari bau yang tidak sedap tersebut tentunya akan menganggu kenyamanan penumpang lain selama di dalam mobil.

  1. Menganggu Pengendara Sepeda Motor

Umumnya pengendara mobil yang merokok seringnya membuang abu rokok ke luar jendela, sedangkan abu yang dibuang sembarangan akan menganggu pengendara lain khususnya sepeda motor. Abu yang terkena angin dan mengenai pengendara motor tentunya berpotensi mengenai bagian wajah dan hal tersebut bisa menjadi ancaman keselamatan.

  1. AC Menjadi Kotor

Asap rokok berpotensi masuk ke dalam sikulasi dan mengendap sehingga udara AC mobil pun akan bercampur dengan nikotin yang sudah pasti membahayakan. Selain itu asap rokok yang menempel pada filter atau bahkan exvaporator AC dapat membuat bau tidak hilang walaupun sudah diganti filter kabin yang baru.

  1. Mobil Sulit Dijual

Kabin dengan aroma yang tidak sedap membuat konsumen enggan membeli mobil bekas, alasan lain adalah karena bercak nikotin di dalam kabin tentu menganggu pemandangan. Walaupun hal tersebut bisa diperbaiki biaya yang dikeluarkan tidak hanya sedikit tak hanya itu hal tersebut juga belum tentu bau khas menyengat bisa hilang dari kabin.

  1. Sarang Penyakit

Asap rokok yang menempel dan dibiarkan saja tentu akan menimbulkan efek jangka panjang salah satunya menimbulkan sarang penyakit. Percampuran dari asap racun sisa rokok, termasuk abu, bara api,punting rokok dan noda bekas rokok akan membuat kabin kotor dan jika terhirup akan menganggu pernapasan serta merusak paru-paru.

Nah, sudah tau kan apa saja kerugian yang mucul jika sering merokok di dalam mobil? Supaya hal tersebut tidak terjadi di mobil Anda maka sebaiknya hindari merokok di dalam mobil ya supaya kondisi kabin selalu baik dan sehat.

Baca Juga : Waspada Hal Ini Jika Mobil Anda Sering Telat Service Berkala

 

 

Contact Us