Tips Perawatan Honda

Emisi Gas Kendaraan

 

Definisi emisi atau gas buang adalah hasil pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil seperti minyak, gas alam ataupun batubara yang terbuang ke udara.

Hallo, Honda Lovers!

Kenali Emisi Gas Kendaraan yang Ada pada Mobil
Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor memberikan pengaruh yang besar terhadap peningkatan polusi udara. Definisi emisi atau gas buang adalah hasil pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil seperti minyak, gas alam ataupun batubara yang terbuang ke udara.
Emisi sangat berperan dalam pencemaran udara saat ini dan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan dan juga lingkungan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk lebih spesifiknya pada kendaraan bermotor, emisi gas kendaraan adalah sisa pembakaran di dalam internal combustion engine. Sisa pembakaran ini akan keluar melalui exhaust system atau knalpot.

Jelas ini sangat berbahaya, karena di dalam emisi ni mengandung cukup banyak zat yang berbahaya, diantaranya:

  • CO (Karbon Monoksida), gas ini tidak memiliki warna dan bau. Akan tetapi gas ini sangat beracun kalau sampai terhirup manusia. Akibat paling fatal akan mengakibatkan pingsan hingga meninggal.
  • CO2 (Karbon Dioksida), gas ini memiliki dampak yang sangat berbahaya karena sangat berpengaruh terhadap pemanasan global.
  • NOX (Nitrogen Oksida), gas ini dapat mengakibatkan gangguan saluran pernafasan dan sangat perih di mata.
  • HC (Hydrocarbon), gas ini berasal dari pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin mobil, jadi di dalam gas ini masih terdapat sisa-sisa uap bensin yang tidak terbakar dan keluar lewat knalpot.

Baca Juga : Begini Cara Atasi Lampu Mobil Buram

Berikut ini adalah bahaya emisi mobil pada kesehatan:

  • Bersifat Karsinogenik
    Walaupun saat ini bahan bakar sudah memiliki tingkat polusi yang jauh lebih rendah, namun tetap saja berbahaya karena jumlah kendaraan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Walaupun dalam jumlah yang sedikit, paparan zat karsinogenik ini bisa mengakibatkan kerusakan organ dan menjadi pemicu kanker.
    Pemicu Kerusakan Sistem Pernafasan
    Kadar oksigen dalam tubuh akan turun, kandungan CO (Karbon Monoksida) pada gas buang kendaraan lebih mudah diikat oleh sel darah merah dibandingkan dengan O2 (Oksigen), sehingga berdampak berkurangnya kadar oksigen dalam darah di tubuh. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan otak jangka panjang dan mengakibatkan sesak nafas.
  • Rusaknya Sistem Peredaran Darah
    Tingginya paparan CO (Karbon Monoksida) dalam darah akan meningkatkan kekentalan darah dan kadar protein inflamasi, akibatnya akan terjadi perkembangan aterosklerosis. Keadaan ini akan semakin diperburuk dengan adanya paparan sulfat yang dapat memicu kerusakan pembuluh darah. Yang lebih berbahaya adalah kandungan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) dapat mengakibatkan serangan jantung hingga tingginya risiko kematian.

Baca Juga : Ciri Transmisi Mobil Matic Bermasalah

Manfaatkan Spesial Promo Hanya Di Dealer Honda Solo Baru

Untuk info lebih lanjut silahkan
Kunjungi dealer Honda Solo Baru.
Jl. Ir. Soekarno No. 168 Sukoharjo

Team Telemarketing
Dina : 082133727332
Ita : 082242421128
Official Website : www.hondasolobaru.co.id
Official IG : @hondasolocity